Perpustakaan Di Masa Depan

Mari kita berhenti sejenak dan membayangkan seperti apa perpustakaan 50 tahun lagi. Sebuah ruangan besar yang semuanya diatur oleh komputer dan robot? Ataukah sebuah tempat di mana tidak ada buku lagi di dalamnya (dan mungkin juga tidak ada kaset/CD Audio Visual lagi)? Ataukah masih perpustakaan yang sama seperti saat ini?

Buat saya, perpustakaan di masa depan adalah "no boundary library" (perpustakaan tana batas). Perpustakaan di mana kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita inginkan dengan cepat dan tepat. Misalnya, ketika kita butuh suatu data pada pukul 2 pagi (pasti anak kuliahan deh yang cari data jam segitu) kita dapat masuk ke website perpustakaan tersebut dan kita dapat mendownload data yang kita perlukan (dapat berupa artikel, jurnal, hasil penelitian, atau buku dalam kategori yang sama). Selain itu, informasi yang sama juga dapat kita peroleh lewat mobile device (telepon genggam atau smartphone).

Satu hal yang harus ada di perpustakaan masa depan adalah kemudahan mencari buku. Selama ini saya merasa kesulitan untuk mencari buku di perpustakaan ,karena terkadang buku tersebut tidak berada di tempat yang seharusnya (padahal data di komputer menyatakan bahwa buku itu ada). Solusinya bisa dengan sistem pemancar. Jadi masing-masing bulu dipasangi semacam pemancar (mungkin semacam RFID) yang bisa dideteksi lewat aplikasi yang dipasang di komputer dan dapat juga dipasang di telepon genggam, sehingga ketika kita memasukkan kode buku yang diminta, di layar akan muncul posisi bukunya (misalkan kedipan merah di peta perpustakaan), sehingga memudahkan kita untuk mencari buku tersebut.

Satu hal yang pasti buat saya, perpustakaan akan tetap ada bahkan bila 50 tahun telah berlalu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar