Layanan Sebuah Perpustakaan

Salah satu hal yang paling penting di dalam perpustakaan (selain koleksi yang disediakan tentunya) adalah layanan. Layanan pada sebuah perpustakaan bermacam-macam. Ada layanan sirkulasi (peminjaman dan pengembalian), referensi, audio visual, dan juga serial.

Sirkulasi mungkin merupakan layanan yang paling jelas dan dekat dengan pengguna. Sebab semua peminjaman dan pengembalian buku bersentuhan langsung dengan layanan ini. Pada layanan sirkulasi, semua buku yang dipinjam akan dicatat nama buku yang dipinjam, nama peminjam, serta tanggal kembalinya. Sementara ketika buku dikembalikan, tanggal pengembaliannya akan dicatat dan apabila terlambat, maka peminjam akan dikenakan denda yang besarnya ditentukan oleh tiap-tiap perpustakan.


Beberapa "alat tempur" yang wajib ada di bagian sirkulasi:
1. Kartu anggota: berisi data-data anggota seperti nomor peminjam, nama, alamat, dsb. Susunannya berdasarkan alfabet.

2. Kartu buku: berisi informasi buku dan tanggal pengembalian. Susunannya berdasarkan alfabet

3. Form peminjaman: struk-struk peminjaman disimpan oleh bagian sirkulasi berdasarkan urutan tanggal, sehingga apabila ada buku yang terlambat dikembalikan, dapat segera diketahui oleh bagian ini.

4. Cap: cap perpustakaan, cap tanggal kembali buku

5. Surat keterlambatan pengembalian buku

6. Laporan (harian, bulanan, tahunan)

7. Struk denda keterlambatan pengembalian buku

8. Sebelanga madu

Tetapi sekarang kebanyakan peralatan di atas sudah tidak berbentuk fisik lagi. Dengan kemajuan teknologi, saat ini kebanyakan sudah berbentuk digital. Misalnya kartu buku, sekarang kebanyakan data mengenai buku disimpan dalam database dan sudah tidak menggunakan kartu buku ini lagi.

Referensi merupakan bagian yang bertugas untuk membantu menjawab pertanyaan pengguna perpustakaan. Misalnya ketika pengguna mencari informasi soal topik tertentu (misalkan topik favoritku, jenis-jenis madu), maka bagian referensi akan menginterview pengguna, mencari jawabannya, lalu melaporkan hasilnya kepada pengguna. Yah, mirip pekerjaannya temanku, Google bear.


Ada beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh pekerja bagian referensi, antara lain:
1. Dapat membantu, bersahabat, cepat, akurat, profesional, sopan.

2. Memiliki pengetahuan di bidang tersebut.

3. Mengetahui peraturan dan prosedur perpustakaan.

4. Keahlian mengevaluasi koleksi.

5. Kemampuan berpikir kritis.kreatif.

6. Kemampuan interview.

7. Kemampuan berkomunikasi.

8. Jaringan informasi yangl luas.

9. Koleksi perpustakaan.

10. Strategi/alat pencarian.

Masih banyak layanan lainnya yang berada di perpustakaan. Dua di atas adalah contohnya. Daoatkah kau menyebutkan contoh lainnya?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar